Banyak orang yang percaya bahwa SEO di Google adalah kunci keberhasilan pemasaran online, dan menyewa jasa SEO adalah langkah baik dalam pencapaian tujuan website atau blog untuk berperingkat baik di mesin pencari Google. Saya sebenarnya juga percaya akan hal ini, dengan persyaratan jika calon pembeli atau klien mencari produk yang dicarinya melalui mesin pencari Google. Kesimpulan pemikiran dalam lingkup SEO Google adalah website dan blog dengan peringkat terbaik akan lebih sering ditemukan calon pembeli atau klien.
Seringnya mendengar SEO Google sebagai kunci keberhasilan pemasaran online, membuat sebuah pemikiran bahwa Google AdWords tidak masuk dalam konteks kunci keberhasilan pemasaran online.
Kenyataan
Menurut Saya SEO Google dan Google AdWords adalah lingkup dengan posisi yang berbeda. SEO Google adalah faktor peringkat di mesin pencari Google yang diusahakan karena menjadi yang terbaik di halaman utama dipercaya sebagai kunci keberhasilan pemasaran online.
Sedangkan Google AdWords adalah lingkup periklanannya (advertising). Google AdWords adalah periklanan di mesin pencari Google dan periklanan di jaringan display Google. Iklan di mesin pencari Google sama sekali tidak ada kaitanya dengan peringkat sebuah website atau blog di direktori mesin pencari Google dan tidak mengganggu kinerja mesin pencari Google. Ini berarti Google AdWords bukanlah sistem yang menjadi musuh SEO Google.
Periklanan di Google AdWords-pun bersistem tayangan (impression), dan SEO Google bersistem peringkat. Di Google AdWords makin sering tayang, makin sering pengunjung atau calon pembeli atau klien menemukan website atau blog, sedangkan di SEO Google makin baik peringkat makin sering website atau blog ditemukan pengunjung atau calon pembeli atau klien.